IFRAME SYNC

Beli Hewan Kurban Sekaligus Ber Infaq Untuk Pembangunan Masjid


 

TANGRAYA.COM

KABUPATEN TANGERANG -Beli hewan kurban di Perum Permata Tangerang Blok FA Regency 2, seberang Futsal Green Apple Gelam Jaya Kecamatan Pasar Kemis sekaligus juga sudah berdonasi untuk pembangunan masjid Raya Al Akbaar. Selasa, (30/05/23).

Purnomo Ketua DKM masjid Raya Al Akbaar mengatakan  pembangunan masjid adalah untuk menampung jamaah 4 RW, dan rencana anggaran sebesar Rp 6 milyar.

“Pembangunan sudah mencapai 55 persen, dan untuk biayanya murni dari masyarakat tidak meminta ke luar,” ujarnya.

Purnomo menjelaskan luas tanah masjid Raya yang sudah di sahkan oleh Ismet Iskandar Bupati Tangerang pada saat itu, pembangunannya adalah 2 lantai, dengan ukuran 25 m x 25 m, sekitar seribu meter lebi luas bangunannya.

“Kenapa kami membuat masjid yang sebesar itu karena untuk menampung Sholat Jumat dari 4 RW,” jelasnya.

Masih kata Purnomo salah satu cara untuk mendapatkan dana adalah setiap menjelang Idul Adha, melakukan usaha menjual hewan kurban, mengingat kebutuhan yang besar di Pasar Kemis hususnya dan di Kabupaten Tangerang pada umumnya.

“Dananya bukan dari kas, tetapi ada peminjam modal, keuntungan setelah dipotong biaya operasional diserahkan sepenuhnya untuk kas pembangunan masjid,” ucapnya.

Purnomo juga mengatakan hewan kurban baik sapi dan kambing diambil dari Jawa Tengah, hewan tersebut sudah mendapat surat keterangan sehat dan layak untuk menjadi hewan kurban dari Dinkes setempat.

“Untuk harga sapi sendiri kisaran 22 – 40 juta rupiah, untuk awal disiapkan 32 ekor sapi dan 140 ekor kambing, penjualan hewan kurban ini sendiri sudah berlangsung 5 tahun, dengan semua keuntungan diserahkan ke kas pembangunan masjid” pungkasnya.

Purnomo berharap hewan kurbannya pada tahun ini bisa terjual semua, karena keuntungannya adalah untuk dana pembangunan masjid Al Akbaar.

Sementara Muhlisin tokoh masyarakat Gelam Jaya mengatakan ia mengapresiasi yang dilakukan oleh DKM masjid Al Akbaar khususnya dalam upaya menggalang dana pembangunan masjid Al Akbaar melalui usaha berdagang hewan kurban.

“Saya berharap umat muslim yang ada di Pasar Kemis khususnya dan yang ada di Kabupaten Tangerang pada umumnya untuk membeli hewan kurban di tempat ini, karena selain hewannya untuk Idul Adha juga sekaligus sudah berdonasi untuk pembangunan masjid Al Akbaar,” tuturnya.

Muhlisin juga berterimakasih kepada bapak Purnomo sebagai Ketua DKM Al Akbaar, yang sudah melakukan penggalangan dana melalui menjual hewan kurban.

Bagi umat muslim yang akan membeli hewan kurban di tempat ini dapat menghubungi bapak Purnomo dengan no HP 081215652224.

(SPN.83).

Berita Terkait

Top