IFRAME SYNC

Sanggar Indra Kusuma Dari Kota Bekasi Tuai Pujian Di Pagelaran Pesona Seni Budaya di Sarinah Thamrin Jakarta


 

TANGRAYA.COM

BEKASI KOTA – Pagelaran Pesona Seni Budaya yang digelar di Sarinah Thamrin Jakarta tepatnya di Anjungan Budaya Sisi Barat pada hari Sabtu (22/10) pukul 15.30 Wib hingga 17.30 Wib dikunjungi ratusan pengunjung untuk melihat tampilan seni.

Salah satu penampilan seni tradisional berasal dari Kota Bekasi yakni dari Sanggar Indra Kusuma yang diasuh oleh Deviana menggandeng Pede Nian salah satu influencer yang berasal dari Kota Bekasi yang turut memandu acara sekaligus memperkenalkan group ‘Ngebanyol Bertiga’ kepada pengunjung yang memadati area tersebut.

Sedangkan Deviana atau biasa disebut Mpok Devi merupakan Pemuda Pelopor Nasional Tahun 2010 Kemenpora RI, Bidang Kepeloporan Seni Budaya dan Pariwisata.

Pagelaran Pesona Seni Budaya tersebut dibuka dengan banyolan khas Betawi Bekasi dari Bang Pede, Bang Nian dan Mpok Devi sehingga menambah keseruan para penonton yang telah hadir lebih dulu penasaran ingin menyaksikan tarian tradisional yang akan dipentaskan.

Walau digelar di Ibu Kota, Hal ini juga didukung penuh dari beberapa Perangkat Daerah di Kota Bekasi seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, Dinas Pendidikan serta Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bekasi.

Ajang pertunjukan ini, mengusung tema Bersatu Membangun Bangsa sesuai dengan Memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun ini dengan harapan melalui Seni Budaya kita Generasi Muda Bersatu Membangun Bangsa.

Berbagai tarian ditampilkan, dari seni tradisional betawi hingga nuansa seni berasal dari Bali pun ditampilkan oleh masing-masing penari. Adapun tarian yang disajikan diawali dengan pentas tarian Kicir-kicir bersama enam penari. Kemudian tarian Kelinci yang dilakukan oleh dua penari anak-anak usia PAUD, Uniknya adalah penari yang mementaskan tarian dari Bali yaitu tarian Panji Samirang yang merupakan satu keluarga yaitu Ibu dan kedua anaknya menari sangat kompak sekali.

Selanjutnya tari Yapong, tari Topeng Kelana, tari Ondel-ondel, tari Nandak Cipta, tarian Bunga Mahestri, dan tari Nusantara sebagai penutup.

Para penonton yang hadir ternyata ada juga turis asing ikut menyaksikan dan mengabadikan setiap aksi para penari tampil. Bahkan ada juga kelompok turis dari Suriname terlihat antusias menyaksikan pagelaran tarian tradisional tersebut.

“Terimakasih untuk manajemen Sarinah Thamrin Jakarta yang telah mengizinkan dan memfasilitasi kami para penari dari Sanggar Indra Kusuma asal Kota Bekasi bisa tampil di sini besama kolaborasi Pede Nian Ngebanyol bareng Mpok Devi juga. Sampai jumpa lagi pada kesempatan yang lain, untuk sebuah nama di Kota Bekasi yang keren dan tetap membawa nama kebanggaan Kota kita” kata Mpok Devi mengakhiri kegiatan tersebut.

Sementata, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi Deded Kusmayadi menyatakan rasa bangga atas penampilan Sanggar Indra Kusuma yang menuai pujian.

“Saya merasa bangga dan terhormat Kesenian dari Kota Bekasi khususnya Mpok Devi dan Sanggar Indra Kusuma, bersama Bang Pede dan Bang Nian dapat menuai pujian, semoga bisa menginpirasi sanggar dan pelaku seni lain yang ada di Kota Bekasi, selamat jangan berhenti berkarya”. Ujar deded.

(Michael/Tangraya).

Berita Terkait

Top