IFRAME SYNC

Biro SDM Polda Banten Podcast Sosialisasi Penerimaan Polri Tahun 2023


 

TANGRAYA.COM

SERANG – Biro SDM Polda Banten Podcast tentang penerimaan terpadu Polri 2023 Taruna Akademi Polisi (Akpol), Bintara dan Tamtama Polri bertempat di Media Tribun Banten Kota Serang pada Kamis (06/04/23).

“Dalam Podcast yang menjadi Narasumber adalah PS Kasubagdiapers Bagdalpers Biro SDM Polda Banten AKP Yusuf Dwi Atmodjo didampingi Paursubbagdiapers Bagdalpers Biro SDM Polda Banten Iptu Transito Yati dipandu oleh Rosyid.

“Kabagdiapers Biro SDM Polda Banten AKP Yusuf menyampaikan bahwa pendaftaran Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama Polri 2023 telah dibuka. “Pendaftaran anggota Polri Akpol, Bintara dan Tamtama Polri sudah dibuka mulai dari tanggal 5 April dan berlangsung hingga 15 April 2023 melalui situs resmi Polri https://penerimaan.polri.go.id,” katanya.

“Yusuf menjelaskan kuota dalam penerimaan Bintara dan Taruna Akpol. “Jumlah peserta didik Bintara yaitu sebanyak 11.531 orang, dengan rinciannya kuota untuk Bintara Polisi tugas umum dan Bakomsus pria sebanyak 10.529 orang, Bintara (PTU) dan Bakomsus wanita sebanyak 402 orang dan Bintara Brimob sebanyak 500 orang, Bintara Polair sebanyak 100,” ujarnya.

“Yusuf menyampaikan untuk kouta Taruna Akpol. “Jumlah yang dibutuhkan untuk Taruna Akpol yaitu 175 orang, yang terdiri dari 150 pria dan 25 wanita, untuk lama pendidikan selama empat tahun di tempat pendidikan Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.

“Pendidikan akan dibuka pada 2 Agustus 2023, dan untuk ujian atau pemeriksaan penerimaan terpadu Taruna Akpol diselenggarakan di tingkat daerah oleh Panitia Daerah (Panda) di Polda,” ujarnya. Selanjutnya Yusuf Menjelaskan persyaratan umum penerimaan Polri baik Akpol maupun Bintara.

“Persyaratan umum
1. Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4. Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
5. Berumur paling rendah 18 (delapan belas) tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri
6. Tidak pemah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK)
7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela

“Transito menjelaskan persyaratan tinggi badan bagi peserta pendaftaran Akpol maupun Bintara harus memenuhi syarat. “Tinggi untuk peserta pendaftaran Akpol pria 165 cm dan wanita 163 cm, Bintara Polri 165 cm dan wanita 160 cm,” ucap Transito.

“Yusuf memastikan proses penerimaan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dan anggota Polri Bintara tidak dipungut biaya apapun.

“Untuk pendaftaran tidak dipungut biaya apapun Informasi selengkapnya bisa diakses di akun Instagram @penerimaan_polri_polda_banten atau akun Instagram @humaspoldabanten,” tutup Yusuf.

(SPN.83)

Berita Terkait

Top