IFRAME SYNC

Kapolda Banten Pimpin Upacara Peringatan HUT Satpam ke-42 Tahun 2023


 

TANGRAYA.COM

SERANG – Polda Banten menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 Tahun 2023 yang bertempat di lapangan merah Polda Banten pada Senin (30/01/23) sekitar pukul 08.00 Wib.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto didampingi Wakapolda Banten Brigjen Pol M. Sabilul Alif dan seluruh Pejabat Utama Polda Banten, turut hadir dalam kegiatan Ketua Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Provinsi Banten.

Bapak Djasman Seno, Ketua Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) Provinsi Banten dalam hal ini diwakili Bapak Tatang, Direktur BUJP PT. Kosera Karya Prima Bapak Didin, Direktur PT. Bima Global Security Bapak Melky, Direktur PT. Buana Lintas Utama Bapak Tiar, dan seluruh tamu undangan.

Adapun tema yang diangkat pada HUT Satpam ke-42 Tahun 2022 yang adalah : Sinergitas Satpam dan Polri Peduli Untuk Sesama. Upacara yang digelar pada Hari ini, Senin tanggal 30 Januari 2023 merupakan puncak peringatan HUT ke-42 Satpam dimana sebelumnya telah dilakukan beberapa rangkaian kegiatan seperti tabur bunga, pemutaran film edukasi penyalahgunaan Narkoba diseluruh Indonesia, lomba gerak jalan, bakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya.

Dalam hal ini Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto menyampaikan amanat Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. “Selamat ulang tahun ke-42 kepada seluruh personel pengamanan dimanapun bertugas semoga Satpam semakin profesional.

Dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas, dan semakin menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri, sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan tugas yang dihadapi, untuk itu potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memberikan pengamanan optimal melalui pengamanan swakarsa,” kata Rudy.

Kemudian Rudy juga mengatakan bahwa kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungannya secara swakarsa guna mencegah gangguan Kamtibmas.

“Peran Satpam banyak digunakan untuk mendeteksi dan mencegah tindak kejahatan kriminal, dalam perkembangannya Satpam menjadi salah satu bagian yang essential seperti pada industri, perkantoran, pendidikan, pariwisata, dan lembaga pemerintah maupun non pemerintah,” tambah Rudy.

Terkahir Rudy berharap agar personel Satpam terus mendukung tugas pokok Polri. “Saya berharap kepada rekan-rekan Satpam agar terus mendukung tugas Polri dalam melindungi seluruh masyarakat dari segala ancaman dan gangguan keamanan dilingkungan kerjanya sebagaimana perisai logo Satpam,” tutup Rudy.

Sementara itu, sesuai petunjuk Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Sofwan Hermanto menjelaskan bahwa Polri tidak dapat menjalankan tugas pokoknya sendiri tanpa bantuan dari pihak lain.

“Satpam berperan aktif dalam membantu tugas pokok kepolisian dalam menjaga Kamtibmas, seperti yang kita sadari bahwa dengan jumlah masyarakat yang ada di Banten kurang lebih 8 juta jiwa, dan jumlah polisi yang ada di Polda Banten hanya sekitar 7.500 personel, tentunya ini adalah perbandingan yang sangat jauh, maka dari itu adanya Satpam dapat menambah kekuatan Polri khususnya personel Polda Banten,” tutur Sofwan.

( SPN.83 )

Berita Terkait

Top