IFRAME SYNC

Empat srikandi tersebut, ada nama mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rahmi Diany. Mantan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.


Lebak, tangraya.com.

Habis Pileg Terbitlah Pilkada, Empat Srikandi Ini Digadang-gadang Maju Pilgub Banten 2024

Pemilu Legislatif (Pileg) 14 Februari lalu, mulai ramai bursa calon gubernur Banten yang digadang-gadang bakal maju dalam kontestasi Pilgub yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Dari beberapa tokoh masuk bursa Cagub Banten 2024, sedikitnya ada empat srikandi Banten yang mencuat namanya ke permukaan. Srikandi-srikandi Banten tersebut berlatar belakang kepala daerah hingga pegiat budaya Banten.

Empat srikandi tersebut, ada nama mantan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rahmi Diany. Mantan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, dan mantan Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Sedangkan dari kalangan pegiat budaya Banten, muncul nama Ratu Ageng Rekawati, yang merupakan putri tokoh Banten KH Tb Sangadiah. Sosoknya kini mulai dikenal luas di tengah masyarakat Banten.

Munculnya tokoh-tokoh wanita calon pemimpin Banten, membuktikan keberhasilan emansipasi wanita di wilayah paling barat pulau Jawa ini. Srikandi-srikandi Banten punya tempat dan ruang untuk menjadi pemimpin nasional di masa mendatang.

Berikut ini profil singkat 4 srikandi Banten yang masuk bursa Calon Gubernur :

1. Airin Rahmi Diany

Istri dari Tubagus Chaeri Wardana ini sukses menjadi Walikota Tangerang Selatan selama dua periode tahun 2011 – 2021.

Lahir di Kabupaten Banjar, Jawa Barat, 28 Agustus 1976, Airin merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung.

Saat ini Airin dipercaya sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo – Gibran Provinsi Banten. Dan maju sebagai Caleg DPR RI Dapil Banten III.

2. Iti Octavia Jayabaya

Iti Octavia Jayabaya adalah putri dari mantan Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya. Ia dipercaya menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Banten.

Mantan Bupati Lebak dua periode ini, maju di Pileg 2024 dari daerah pemilihan Banten I. Namun berdasarkan hitung cepat KPU, nama Iti tak lolos ke Senayan.

Mantan Bupati yang dikenal ceplas ceplos dan tegas ini, santer terdengar bakal maju menjadi orang nomor satu di Banten.

3. Irna Narulita

Irna Narulita lahir pada 23 Juli 1970, ia menjabat sebagai Bupati Pandeglang sejak 23 Maret 2016. Irna adalah istri dari Achmad Dimyati Natakusumah.

Dari rekam jejak politik, Irna kerap berpindah-pindah partai. Mulai dari PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Demokrat.

Nama Irna mulai terdeteksi masuk bursa pencalonan Gubernur Banten. Namun suaminya, Dimyati Natakusumah, juga terdengar bakal maju di Pilgub Banten.

4. Ratu Ageng Rekawati

Ratu Ageng Rekawati (RAR) dinilai banyak pihak bakal menjadi kuda hitam dalam kontestasi Pilgub Banten 2024. Pegiat budaya Banten ini namanya makin mentereng di kalangan masyarakat Banten.

Walau bukan dari tokoh partai politik, RAR terlihat makin serius maju dalam Pilgub Banten, dengan banyaknya deklarasi dukungan dari berbagai elemen masyarakat maupun ulama di Banten.

Putri dari tokoh Banten, KH Tb Sangadiah ini mengaku tengah melakukan komunikasi politik dengan berbagai partai politik Nasional, untuk mempermudah jalan menuju kursi orang nomor satu di Banten.

Hairul / tangraya

Berita Terkait

Top